Selasa, 15 Oktober 2013

DETASEMEN KHUSUS 88 ANTI TERROR ( DENSUS 88 )

* SEJARAH DENSUS 88
      
 DENSUS 88 dibentuk pada 26 agustus 2004 , densus sendiri adalah satuan khusus kepolisian indonesia untuk penganggulan terorisme . pasukan yang berompi merah ini dilatih khusus untuk mengatasi segala jenis terror , beberapa anggota densus 88 juga merupakan anggota dari gegana.  
detasemen khusus 88 (densus 88 ) disiapkan untuk unit terorisme yang mempunyai kemampuan untuk mengatasi gangguan terorisme mulai dari ancaman , pengeboman , hingga penyanderaan . densus sendiri berkekuatan kurang lebih 400 personel , yang  terdiri dari ahli investasi , ahli bom peledak atau penjinak bom , dan ahli penembak jitu . selain itu masing-masing kepolisian pun memiliki densus yang beranggotakan 45-75 orang . 

* FUNGSI DENSUS 88
           
            FUNGSI densus diberbagai daerah adalah  Memeriksa laporan aktivitas terror di berbagai daerah , menangkap seseorang atau sekelompok orang yang diduga terorisme .
             DENSUS 88 sendiri adalah merupakan salah satu dari unit antiterror selain detasemen c gegana brimob , detasemen penanggulangan terror ( DENGULTOR ) alias grup 5 anti terror , detasemen 81 kopasus TNI AD , detasemen jalamengkara (DENJAKA) , korps mariner TNI AL , detasemen bravo c ( DENBRAVO ) TNI AD , dan antiterror BIN

*ASAL angka 88
            
             Asal muasal angka 88 yang terdapat dalam densus 88 adalah merupakan pengambilan dari kata ATA ( Anti Terorisme Act ) , yang bila dilafalkan dalam bahasa inggris adalah ei ti ekt , kata ini terdengar seperti eighty eight ( 88 ) , maka dari itu terbentuklah  88 yang selama ini kita kenal selama ini dengan DENSUS 88 . densus sendiri dibiayai oleh amerika serikat ( A.S ) melalui diplomatic security servis dan densus sendiri dilatih langsung oleh bekas anggota khusus A.S seperti C.I.A , F.B.I , dan U.S secret service


STRUKTUR DENSUS 88 saat masih bergabung dengan BARESKRIM


sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Detasemen_Khusus_88_(Anti_Teror)
             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar